Monday, December 30, 2013

2013 Reading Challenge Wrap-Up (Part 1): What's In A Name RC


Host: Mbak Ren - Ren's Little Corner

Haah, nggak kerasa 2013 udah mau habis :( :(
Sedih juga rasanya, kok 2013 cepet banget berlalu. Ada banyak banget yang terjadi di tahun 2013, baik secara pribadi, akademis, bahkan dalam urusan blogging dan reading activity. Dalam hal ini, meskipun banyak keinginan dan harapanku di awal tahun yang nggak kesampaian (siapa yang nyangka kalau kuliah, yang jamnya lebih nggak reguler, malah bikin kalang kabut????)  aku masih tetep ngerasa senang dengan progress dan perkembanganku sendiri tahun ini :) :)

Oke, karena aku jenis cewek yang paling tidak konsisten dalam mengupdate progress RC, termasuk yang satu ini, aku akhirnya bikin wrap-up atau ringkasan aja. Aku bahkan nggak inget kapan aku terakhir kali masukin progres RC What's In A Name.

So here it is. Semuanya dalam urutan baca.


  1. Raphael (D. B. Reynolds) - Re-read Februari
  2. Jabril (D. B. Reynolds) - Re-read Februari
  3. Catching Caroline (Sylvia Day) - Februari
  4. Dante's Girl (Courtney Cole) - Februari
  5. Lola and The Boy Next Door (Stephanie Perkins) - Maret
  6. Anna and The French Kiss (Stephanie Perkins) - Re-read April
  7. Nicola and The Viscount (Meg Cabot) - Re-read Juni
  8. Honor Student (Teresa Mummert) - Juli
  9. In Honor (Jessy Kirby) - Re-read Agustus
  10. Darkness Before Dawn (J.A. London) - September
  11. Untaming Lily Wilde (Olivia Fox) - Oktober
  12. Owning Wednesday (Annabel Joseph) - Oktober
  13. New York to Dallas (J. D. Robb) - November
  14. Kiss of Snow (Nalini Singh) - Desember
  15. Sophia (D. B. Reynolds) - Desember
  16. Taming Nathasha (Nora Roberts) - Desember

Apa daya, rencana mau nambah target, eh, ini aja udah mepet -__- Sebagian malah baca ulang. Nggak sesuai harapan nih.

Dari semua buku itu, favoritku terutama Kiss of Snow (Psy-Changeling 10) dan New York to Dallas (In Death 33).

Jadi beginilah, RC yang rencananya mau nambah sampai 20 buku, ternyata cuma nyampe 16 buku aja. 

Sunday, December 29, 2013

2013 Reading Challenge Wrap-Up (Part 2): Nora Roberts - J.D. Robb Read-a-Long


Host: Mbak Ren - Ren's Little Corner

Ini satu-satunya RC yang sesuai rencana baca, hehe. Awalnya sih, meskipun sering denger tentang Nora Roberts, aku agak ragu mau baca bukunya. Dulu pernah nemu Northern Light di rak diskonan, tapi karena kebetulan uangku kurang, aku balik lagi keesokan harinya. Eeh, udah habis #kokmalahcurhat. Akhirnya nggak jadi baca deh. Kemudian pernah juga ngeliat Witness in Death di toko buku, masalahnya waktu itu (SMA) aku nggak bener-bener ngefans sama buku thriller atau cerita misteri detektifan gitu. Thanks to Mbak Ren and her flattering reviews on the books, I took a chance and dove straight into In Death's world.

Menyesal? Nggak. Ini keputusan paling oke di tahun 2013 yang pernah kubuat #melodrama

Mengenai cerita serial In Death, mungkin lebih baik kalau ngecek link Goodreads atau di sini aja kali ya. Soalnya, dengan hampir 50 buku selama 18 tahun serial ini ongoing, ada banyak banget lika-liku, dinamika, dan intrik yang ada di serial ini. Aku mencoba menjelaskan sama si Sasti, dianya masih rada ga mudeng, apalagi karena bukunya banyak, dia juga nggak begitu semangat mau memulai. Sementara aku? Dengan bangganya, semua buku In Death mulai nomer 1 sampai 37 udah kulahap, meskipun semuanya beli atau pinjem yang versi ebook. Beli paperback, bangkrut dong aku :( :( karena aku masih bergantung sama orang tua, menjelaskan kenapa aku habis banyak buat beli buku bakalan suck abis.

Sayangnya, aku nggak berhasil ngebaca Nora Roberts sama sekali kecuali Taming Natasha -____-"

    J. D. Robb - In Death Series
    1. Naked In Death (#1)
    2. Glory In Death (#2)
    3. Immortal In Death (#3)
    4. Rapture In Death (#4)
    5. Ceremony In Death (#5)
    6. Vengeance In Death (#6)
    7. Holiday In Death (#7)
    8. Midnight In Death (#7.5)
    9. Conspiracy In Death (#8)
    10. Loyalty In Death (#9)
    11. Witness In Death (#10)
    12. Judgment In Death (#11)
    13. Betrayal In Death (#12)
    14. Interlude In Death (#12.5)
    15. Seduction In Death (#13)
    16. Reunion In Death (#14)
    17. Purity In Death (#15)
    18. Portrait In Death (#16)
    19. Imitation In Death (#17)
    20. Remember When (#17.5) Note: buku ini terdiri dari dua cerita, satu Hot Rocks yang ditulis atas nama Nora Roberts dan Big Jack, bagian dari In Death yang ditulis oleh J. D. Robb
    21. Divided In Death (#18)
    22. Visions In Death (#19)
    23. Survivor In Death (#20)
    24. Origin In Death (#21)
    25. Memory In Death (#22)
    26. Haunted In Death (#22.5)
    27. Born In Death (#23)
    28. Innocent In Death (#24)
    29. Eternity In Death (#24.5)
    30. Creation In Death (#25)
    31. Strangers In Death (#26)
    32. Salvation In Death (#27)
    33. Promises In Death (#28)
    34. Kindred In Death (#29)
    35. Missing In Death (#29.5)
    36. Fantasy In Death (#30)
    37. Indulgence In Death (#31)
    38. Treachery In Death (#32)
    39. New York To Dallas (#33)
    40. Celebrity In Death (#34)
    41. Delusion In Death (#35)
    42. Calculated In Death (#36)
    43. Thankless In Death (#37)

    Yang belum dibaca kurang Ritual In Death (#27.5), Possession In Death (#31.5), Chaos In Death (#33.5), dan Taken In Death (#37.5)

    Wow. Dari target sepuluh buku, berlipat empat nih. Habis, jatuh cinta sama Roarke sih :) :)

    Friday, December 20, 2013

    Review: Charade


    Judul : Facade
    Seri : Games #1
    Author : Nyrae Dawn
    ISBN13 : 2940015495874
    Edisi : English Ebook (Oktober 2012). Paperback oleh CreateSpace
    Genre : New Adult, Romance, Contemporary
    Average Rating : 4.08 (per 20 Desember 2013)

    Charade:   
    Nineteen-year-old Cheyenne tries to portray the perfect life to mask the memories of her past. Walking in on her boyfriend with another woman her freshman year in college threatens that picture of perfection.

    Twenty-one-year-old Colt never wanted college and never expected to amount to anything, but when his mom's dying wish is for him to get his degree, he has no choice but to pretend it's what he wants too.

    Cheyenne needs a fake boyfriend to get back at her ex and Colt needs cash to take care of his mom, so they strike a deal that helps them both. But what if Cheyenne’s past isn’t what she thought? Soon they’re trading one charade for another—losing themselves in each other to forget about their pain. The more they play their game, the more it becomes the only thing they have that feels real.

    Both Cheyenne and Colt know life is never easy, but neither of them expect the tragedy that threatens to end their charade and rip them apart forever.

    “I'm a prick half the time, but you make me better. You make me happy. I don’t want to lose you. I love you. I don’t want to lose you.” - Colton, Chapter 35

    "God, I used to think you were such a jerk. I can't believe I didn't see it. You don't know but you're everything Colt. No one makes me feel the way you do and I need you." -Cheyenne, Chapter 36

    Akhir-akhir ini aku hobi banget nyari-nyari buku bertema New Adult atau daerah anak-anak kuliahan. Mungkin menyesuaikan dengan usia ya ;) dan karena akhirnya aku 'dimarahin' oleh seseorang gara-gara tumpukan buku to-read yang banyak erotikanya.

    Charade 'direkomendasikan' oleh GR setelah aku baca Wait for You. Emang dari segi cerita beda banget, feel-nya juga beda. Charade dimulai ketika Cheyenne memergoki cowoknya malah tidur sama cewek lain, padahal Chey baru aja mulai masuk kuliah. Karena dia punya sikap nggak mau kalah dan nggak mau terlihat kalah, akhirnya Chey malah ngajakin Colton, cowok yang ditemuinya secara nggak sengaja, buat jadi pacar pura-puranya.

    Thursday, December 19, 2013

    Secret Santa 2013: The Riddle


    Bisa dibilang nih, paketan Secret Santa (SS) yang aku dapet termasuk belakangan. +Prasasti Purbo, teman dari Legitur, udah dapet bukunya mulai hari Selasa (atau Senin yak?). Paket aku emang dateng hari Jumat, tetapi karena ada family emergency, aku harus pulang ke Sidoarjo pada hari Jumat itu. Bete nggak sih?? Udah harap-harap cemas, eh ternyata pas pulang, paketannya nyampe.

    Selain itu, ternyata hal ini bikin khawatir Santa, yang akhirnya menghubungi aku via Mbak +oky septya @Kumpulan Sinopsis Buku. Tapi untung aja Bapak Kos nan baik hati udah apal karena berhari-hari aku todong dengan pertanyaan 'bapaaak, apa ada paket buat saya?', dan paketnya disimpen deh.


    Wednesday, December 18, 2013

    Turning Nineteen Part 2: 4 Best Series in 2013


    Yang pertama, aku akan mendaftar empat seri terbaik yang baru kumulai tahun 2013, bukan yang berlanjut sejak tahun-tahun lalu. Kelima seri ini bisa dibilang emang punya nilai plus-plus dimataku, dan beneran asyik buat dibaca. So, check 'em out!



    1. In Death - J. D. Robb

    Daftar Buku In Death Lengkap - Via Goodreads
    Portal Menuju Dunia In Death di Wiki.net

    Aku akan selalu menyesali sikap skeptisku tahun lalu, yang ragu-ragu baca seri ini meskipun Mbak +Ren Puspita , yang sudah ngebaca dan mengikuti serial ini, selalu memuji-mujinya. Yah, sebagian karena In Death punya banyak buku. Tepatnya 37 buku utama (sampai akhir tahun 2013), dan 10 novella. Serta satu buku yang akan terbit Februari 2014 serta masih belum ada tanda-tanda mau berhenti. Tahun ini, aku memberanikan diri baca Naked in Death di bulan Maret. Dan langsung keseret dan kecantol sama dunia In Death. Semua tokohnya nggak hanya menarik, tapi juga keren. Terutama dua tokoh utamanya, Letnan Eve Dallas, dan suaminya, Roarke.

    baca juga Behind the Covers: RED dan RED

    2. Wait for You - J. Lynn

    Daftar Buku Wait for You
    J. Lynn alias Jennifer L. Armentrout ternyata jago banget bikin cerita New Adult. Ini dibuktikan di buku Wait for You. Ceritanya nih, Avery Morgansten pindah dari Texas ke West Virginia, menolak kuliah di kampus-kampus Ivy League karena beberapa tahun lalu dia menjadi korban dan dia nggak mau deket-deket sama orang-orang yang mungkin dikenalnya. Dia menabrak Cameron Hamilton di hari pertamanya, dan lama-kelamaan, mereka berdua saling tertarik. Yang menyenangkan dari seri ini adalah sifat dan kepribadian si cowok, yang pede tapi nggak arogan. Cam begitu sabar pada Avery. Untuk ukuran New Adult, emang cukup 'hot', tapi di akhir-akhir aja kok. Seru banget. Mengingatkan kita pada Daemon Black, tanpa sikap sengaknya.

    baca juga Review: Wait for You

    3. The Patrick Chronicles - Nicole Williams

    Daftar Buku The Patrick Chronicles
    Serial ini cuma punya dua buku, Fissure dan Fusion. Keduanya ditulis dengan POV cowok, dimana cowoknya emang tipe flirty abis, tapi ketika dia bertemu dengan seorang gadis yang melihat langsung dibalik semua sikap flirty-nya, langsung lah dia kecantol. Masalahnya, si tokoh utama Patrick adalah seorang Immortal, sedangkan si cewek, Emma, cuma manusia biasa. Patrick bakalan terus muda sementara Emma bertambah tua. Lebih dari sekedar lucu, aku aja ngakak kok bacanya. Yang aku suka adalah 'melihat' dari mata si cowok, yang minim insecurity, nggak seperti kalau baca dari sisi si cewek.

    baca juga Review: Fissure dan Review: Fusion

    4. Spellbound - Cara Lynn Shultz

    Daftar Buku Spellbound
    Ini ceritanya mengenai sihir dan kutukan, tetapi si tokoh utama, Emma Connor, bukan penyihir pada umumnya. Dia nggak nyadar kalau dia itu penyihir. Dia nggak tahu kalau dia ditakdirkan untuk jatuh cinta kepada seorang cowok dan mati tragis, dan kutukan ini sudah berlangsung selama hampir seribu tahun. Emma punya kesempatan untuk mematahkan kutukannya, kalau dia dan kekasihnya Brendan Salinger berhasil menemukan kuncinya. BTW, seperti serial nomer 2, bukunya juga ada 2, Spellbound dan Spellcaster. Aku belum baca yang kedua karena teralihkan sama buku-buku lain.

    baca juga Review: Spellbound

    Turning Nineteen Part 1: 2013 Best


    Bulan ini mungkin terakhir kalinya bakalan ada meme iregulerku, Turning Nineteen. Bisa dibilang, aku nggak begitu rajin bikin meme ini karena tiap bulan tanggal 19 belum tentu aku bisa update blog. Misalnya bulan lalu, yang sibuk jadi panitia acara kampus. Jadinya yaah, mungkin hanya ada beberapa Turning Nineteen setahun ini. Dan tahun depan, usiaku jadi 20, jadi aneh juga ngebikin Turning Nineteen padahal umurnya nggak lagi 19 :)

    Desember ini merupakan bulan terakhir di tahun 2013. Aku udah ngebaca lebih dari 80 buku tahun ini. Tentu saja, ada beberapa buku yang baguuus banget, ada yang jelek, ada yang keren, ada yang aneh. Ada beberapa seri yang baru aku mulai tahun ini, ada juga buku-buku yang merupakan buku terakhir dari sebuah seri. Ada yang buku Indonesia, ada juga (kebanyakan) buku berbahasa Inggris. Ada cerita sedih, ada yang bahagia, ada yang menggantung kayak mangga di belakang rumahku, ada yang berakhir tragis. Tema cinta, misteri, pertemanan, makhluk supernatural, BDSM, distopia. Bacaanku tahun 2013 emang campur-campur kayak es campur. Apa ya yang nggak aku baca tahun ini? Oh, biografi, itupun karena nggak ada yang minjemin #tukangminjem

    Eniwei, dari semua buku-buku itu, tentu ada yang menjadi favorit dan kuanggap "best". Best atau terbaik dalam hal ini adalah menurutku. Bukan berdasarkan poling, bukan berdasarkan penelitian di internet. Pokoknya, semuanya ini berdasarkan kesukaanku aja. Jadi, aku peringatkan sekali lagi, yang nggak setuju sama versiku, yaa, kan aku udah bilang ini menurutku.

    Oke...kita pergi ke Part 2 :P

    Thursday, December 05, 2013

    Book to Movie: Catching Fire


    Sutradara: Francis Lawrence
    Produser : Nina Jacobson, Jon Kilik
    Screenplay: Simon Beaufoy, Michael deBruyn
    Adaptasi buku: Catching Fire oleh Suzanne Collins
    Pemeran: Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson, Liam Hemsworth, Woody Harrelson, Elizabeth Banks, Lenny Kravitz, Philip Seymour Hoffman, Jeffrey Wright, Stanley Tucci, Donald Sutherland
    Musik: James Newton Howard
    Sinematograf: Jo Willems
    Studio: Color Force
    Distributor: Lionsgate
    Rilis: November 11, 2013 (London premiere), November 22, 2013 (United States)
    Durasi: 146 menit


    Yak, siapa yang belum lihat Catching Fire angkat tangan! :D
    Sebenarnya aku sendiri nontonnya udah minggu lalu. Kenapa baru diposting hari ini? Soalnya baru aja ada acara ESQ selama weekend, dan karena lagi heboh banget di kampus *kapan sih nggak heboh?!*, hehe.



    BTW, hari Rabu lalu aku nontonnya bareng Sasti, pemilik blog Legitur. Buat yang belum tahu, FYI aja nih, kami kan satu kos, jadinya Rabu lalu walaupun ditantang mendung dan terancam nggak bisa nyelesaiin tugas Anatomi, kita sikat aja. Inget-inget nonton film pertamanya tahun lalu, yang harus memohon-mohon supaya diijinin nonton karena mau UNAS. Nah, tahun ini ancamannya cuma datang dari tugas Anatomi dan FisMed, dan karena udah dying banget pengen nonton, akhirnya kita pergi ke salah satu bioskop, sore-sore, pake telat gara-gara ngantri mau parkir lagi!

    LinkWithin

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...